Cara Merawat Koleksi Buku

Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Postingan kali ini akan membahas cara-cara merawat koleksi buku kita agar tidak mudah rusak sehingga rapi dan yang penting buka kita akan terjaga dan selalu tampsk baru.
Berikut caranya yang saya baca dari Yahoo! Answers

1. Simpan di tempat khusus buku anda di tempat yang baik.

2. Bersihkan koleksi anda secara teratur dari debu dan zat-zat lain.

3. Gunakan pembatas halaman untuk bookmark, jangan melipat buku

4. Sampul buku dengan sampul plastik, agar cover buku tidak pudar atau rusak karna sering bergesekan dgn buku atau benda lain.

5. Jangan simpan buku dengan cara ditumpuk ke atas, sebab buku paling bawah akan menahan beban berat dan kamu akan kesulitan untuk mengambilnya. Tata buku dengan cara membariskan dengan bagian jilidan buku menghadap keluar.

6. Simpan buku di tempat kering agar tidak berjamur, lakukan fungisida secara berkala agar jamur, kutu, dan hewan-hewan yang merugikan mati, dan jangan letakkan buku ditempat yang terpapar sinar matahari yang berlebihan.

7. Biasakan membaca buku dengan memegang kedua sisinya. Jangan melipat salah satu sisi buku kebelakang karna akan membuat jilidan dari halaman buku mudah terlepas.

8. Jangan melipat halaman buku sebab bekas lipatan akan mudah sobek. Untuk menandai halaman lebih baik menggunakan pembatas buku.



Cukup sampai disini postingan kali ini dan semoga bisa bermanfaat untuk sobat dan semuanya. Amiin.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post